Kamis, 23 Juni 2011

LUCU? tapi pernahkan kalian berpikir ini musibah??


suatu hari saya menemukan gambar ini waktu berselancar di dunia maya..
kesan pertama yang saya dapat adalah saya tertawa terkikik sampai meneteskan air mata membayangkan ekspresi orang-orang yang berusaha menyelamatkan diri karena truck yang mereka tumpangi tergoleng..

lalu, saya simpan foto tersebut dan saya unggah di salah satu akun jejaring sosial saya.. ditambah dengan tulisan "SELALU NGAKAK LIAT FOTO INI"

ada komentar yang ikut tertawa karena lucunya foto ini..
namun saya tertegun pada 1 komentar yang ditulis teman fesbuk saya yang juga pimpinan redaksi salah satu koran lokal di kota saya.

dia menulis : "Kasihan sekali orang2 yang tertindih badan truk. Mungkin mereka tewas ya"

 sederhana, namun mempunyai arti yang dalam..

saya buka kembali foto tersebut dan saya sadar, bahwa selama ini saya hanya melihat dari sisi humornya saja, 
saya membayangkan ekspresi orang-orang yang menyelamatkan diri dan selamat dari musibah tersebut..
namun saya tidak membayangkan orang-orang yang tertindih badan truk. (terlihat pada gambar ada orang yang sepertinya tertindih badan truk)
bagaimana nasib mereka yang tertindih badan truk itu? apa mereka selamat? tentu ekspresi mereka tidak seperti rekan-rekan mereka yang loncat dari truk dan selamat.

disini lah saya berpikir,
selama ini kita hanya melihat sesuatu dari sisi luarnya saja,
menertawakan hal yang sepertinya lucu namun ternyata itu musibah bagi orang yang mengalaminya..

dan saya kehabisan kata-kata mengungkapkan betapa bodohnya saya menertawakan musibah yang dialami seseorang.. dan saya berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.. berpikir lebih terbuka :)

Catatan :
alhamdulillah ternyata kejadian pada foto ini hanya membuat korban luka ringan dan tidak ada yang tewas :)

Year 1995
Photographer Sholihuddin
Organization / Publication Jawa Pos
A military truck carrying over 100 youths keels over under its heavy load. The passengers were supporters of local football club Persebaya, enjoying a free ride home and waving flags to celebrate their team's victory. The truck - one of 24 made available by a military commander - capsized after only one kilometer. Most of the passengers escaped unharmed, but 12 were hospitalized with minor injuries.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar